29 Sep 2006

بسم الله الر حمن الر حيم

Introspeksi...
(Introspection : The contemplation of your own thoughts and desires and conduct)

Dalam hal ini, gw menempatkan diri sendiri sebagai pembuat kesalahan, atau penyebab terjadinya suatu kejadian...
Sehingga...
Gw bisa melihat semua kesalahan2 yg gw buat 'n bagaimana cara memperbaikinya...

Dari situ seharusnya gw bisa mengambil pelajaran dari semua kesalahan2 yg pernah dilakukan...
dan diharapkan kesalahan2 tersebut tidak akan terulang kembali di masa depan...

Kesimpulan, ternyata gw :

Egois...
Tidak memikirkan perasaan orang lain sehingga mengakibatkan orang lain merasa risih dan sakit hati sama kelakuan gw...
bahkan gw berlindung dibalik kata2, "Terkadang egois itu perlu..." untuk membenarkan semua tindakan gw... (pathetic huh...)

Keras kepala...
Merasa diri sendiri yg paling benar dan cenderung menolak pendapat orang lain...
Sehingga terkesan sombong, tidak menghargai orang lain...

Nggak sensitif... (ini yg susah...)
Selalu merasa semua baik2 saja...
Nggak concern sama keadaan sekitar...
Ketika terjadi sesuatu, panik... dan akhirnya melakukan tindakan2 sembrono yg menyebabkan keadaan semakin parah...

Dan masih banyak lagi sikap2 gw yg nggak berkenan di hati...

Dan yg lebih parah lagi, gw baru menyadari semuanya akhir2 ini...

Menyakiti perasaan orang lain adalah tindakan zalim...
Sedangkan zalim itu termasuk dosa besar di hadapan الله ...

Zalim itu bagaikan seekor semut hitam di atas batu hitam di tengah kegelapan malam... (al hadits)
dan gw baru bisa melihatnya akhir2 ini...

maka...
dengan ini gw mau minta maaf sama orang2 yg pernah gw zalimi... (khususnya kamu...)
tanpa ampunan dari dirimu, gw gak tau bagaimana jadinya ketika menghadap-Nya...

Anggap aja ini permintaan egois gw untuk yg terakhir kalinya...
and please... no more hurt feelings about me...

Semoga bisa dimaklumi...

-vyx-

3 komentar:

  1. Iya deh, dimaafin.. =D
    Btw, kenapa nih fikri tiba-tiba jadi melankolis gini?? Hehe..
    Oia, postingan kali ini cukup panjang..:p

    BalasHapus
  2. napa Vyx? lagi sensi yah.... hehe
    yosh! selamat ber Introspeksi....

    tp apa bedanya ya Introspeksi ama Muhasabah??

    Semoga bisa menjadi manusia yang lebih baik seiring dengan berlanjutnya usia dan berlalunya waktu
    (ehm... sok puitis nih gw)

    BalasHapus
  3. introspeksi dari bahasa inggris...
    muhasabah dari bahasa arab...

    artinya sih ya itu-itu juga...

    -vyx-

    BalasHapus